Selasa, 04 Oktober 2016

Steam Kena Serang DDoS

Steam Kena Serang DDoS

Serangan DDoS 


Serangan DDoS


Siapa yang tidak tahu platform game terbesar di dunia dari perusahaan Valve. Steam. Steam merupakan digital platform tempat bersarang game-game PC maupun Console.

Pada Desember 2015 lalu, sempat diberitakan bahwa Steam store terkena serangan Distributed Denial-of-Service. Serangan tersebut menyebabkan Steam store mengalami malfungsi. Akibat lainnya yang ditimbulkan dari serangan ini, yaitu terkuaknya informasi private milik beberapa user Steam. Tepatnya user yang baru-baru saja melakukan pembelian dari Steam store yang saat itu tengah mengadakan Steam Christmas Sell.

Berita di atas merupakan berita tahun lalu yang sudah outdated. Kali ini yang akan saya bahas adalah serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS). DDoS attack adalah serangan yang dilancarkan kepada server dari suatu layanan online dengan membanjirinya dengan traffic dari berbagai sumber yang di luar batas kemampuan server. Biasanya serangan ini dilanccarkan pada bermacam-macam layanan penting seperti bank, website berita, dsbg. Serangan ini juga membuat user lain menampilkan informasi pribadi akunnya.

Langkah kerja DDoS yaitu pertama pelaku membangun sebuah jaringan komputer yang terinfeksi bernama "Botnets" dengan menyebarkan malware melalui sosial media, e mail dan website ke banyak komputer di seluruh dunia. Malware ini nantinya dapat dikontrol oleh pelaku secara 'remote' tanpa sepengetahuan pemilik komputer, dan dapat diluncurkan sebagai 'pasukan' untuk menyerang target.

Serangan DDoS Botnets bisa menyebabkan banjir traffic untuk membuat target kewalahan. Macam serangannya dapat berupa mengirim connection request ke server secara terus menerus, atau mengirimi korban dengan segudang data acak untuk memenuhi bandwidth target.

Secara sederhana, DDoS adalah mengirimi server target dengan banyak koneksi dalam waktu yang bersamaan hingga menyebabkan server 'overload' dan layanan website menjadi 'down'.

Di dalam Dark Web, anda juga bisa menemukan beberapa website yang menyediakan layanan serangan DDoS dengan bayaran tertentu. Menggunakan jasa dari website-website itu anda dapat mematikan website yang anda tidak suka, atau mengganggu kegiatan online dari suatu organisasi.

Meskipun Cyrime memberikan informasi terkait pasar DDoS, Cyrime tidak menyarankan pembaca untuk menggunakan jasa tersebut untuk keperluan apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar